Polres Abdya Gelara Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla

oleh -106 Dilihat
(Foto : SIGUPAINEWS.COM/Fitria Maisir)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Polres Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Forkopimka Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, yang berlangsung di Aula Mapolres setempat., Jum’at (27/01/2023).

Baca juga

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Abdya diwakili oleh staf ahli Bupati, Hafiddin, Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha, Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi, Kajari Abdya, Heru Widjatmiko dan Wakil Ketua DPRK Abdya, Syarifuddin dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutan Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha. SH. SIK. MH mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan semua yang sudah berhadir dalam kegiatan rakor penanggulangan Karhutla di Kabupaten Abdya

“Maksud kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi karhutla tahun 2023. Tahun 2022 ada beberapa kejadian di Daerah abdya khususnya di dekat lahan perusahaan, dan untuk tahun 2023 ini kita minimalisir atau tidak terjadi kembali karhutla tersebut,” tuturnya

Lanjutnya, di tahun 2023 ini kata Dhani C.N harus mempunyai kesiapan walaupun curah hujan tinggi tetapi tetap mempersiapkan diri agar dapat di antisipasi. karena ini bukan instruksi baru, bahkan dari dulu Presiden sudah mengintrukai untuk Setiap perusahaan harus mempersiapkan lumbung air sehingga ketika terjadi Karhutla tidak susah mencari sumber air.

“Saya harapkan kepada pak camat dan pak kecik untuk dapat mensosialisikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi lagi di tahun 2023 ini,” harap Kapolres AKBP Dhani C.N

Sementara itu, Kajari Abdya, Heru Widjatmiko mengingatkan mengenai enam arahan Presiden RI dalam pengendalian Karhutla sekaligus menyampaikan ketentuan pidana bagi pelaku Karhutla dan langkah-langkah Penegakan hukum yang tegas terhadap siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Saksi tersebut, dikatakannya mulai dari sanksi administrasi, perdata, maupun pidana sehingga timbul efek jera, terutama kepada pelaku dengan kesengajaan dan niat jahat (Mens Rea), dengan kesengajaan yang bermotif ekonomi, dan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan/hutan secara signifikan baik kualitas maupun kuantitasnya

Didalam kesempatan yang sama, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Sosialisasi ini saya harapkan agar terus berjalan hingga tingkat Gampong,” kata Dandim.

Lebih tegas, Dandim menyampaikan, setiap pemilik lahan, warga Abdya atau luar Abdya agar segera dikumpulkan untuk disampaikan sosialisasi Karhutla tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih atas upaya Keuchik yang telah mencetak 100 bener himbauan Karhutla, saya berharap Muspika memberikan himbauan kepada setiap Keuchik agar masyarakat bisa lebih paham tentang Karhutla ini,” tegas Dandim.

Kepada pemerintah, Dandim mengharapkan dapat menyiapkan alat pemadam kebakaran di setiap Kecamatan agar penanganan Karhutla cepat teratasi.(*)