Polres Abdya Menanam 3.500 Bibit Pohon Mangrove Di Pesisiran Pantai

-4 Dilihat
kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, SH, SIK, MH

KapolABDYA, SIGUPAINEWS.com – Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) Lakukan Penanaman 77 Ribu pohon serentak di pesisiran pantai kegiatan itu berlokasi di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Bate, Kabupaten Setempat, Dalam Rangka Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” pada Selasa (23/8/2022).

Ibu Kapolres Abdya membagi bibit pohon mangrove

Penanaman untuk Polres Aceh Barat Daya (Abdya) 3.500 bibit pohon Mangrove yang dipusatkan di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati setempat, Darmansah.

Baca juga

Amanat Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, yang dibacakan dalam sambutan Kapolres Aceh Barat Daya AKBP Dhani Catra Nugraha, SH, SIK, MH, menyampaikan tumbuhan yang akan di tanam itu memiliki peranan ekologis yang  besar bagi kehidupan manusia telah berabat-abat lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup dipesisiran pantai.

“Tumbuh-tumbuhan ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan memberikan banyak sekali mamfaat kehidupan dan menjadi sumber daya yang penting bagi makhluk hidup adapun tumbuhan Mangrove yang kita tanam saat ini dapat mencegah terjadinya Abrasi Laut dan memghindari terjadinya perembesan air laut kedalam lapisan tanah yang bisa mengakibatkan percampuran air laut dan air tanah,” Jelas Kapolres AKBP Dhani

Lebih lanjut Kapolres AKBP Dhani juga mengatakana hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, Burung Air, dan Mamalia laut lainnya, mangrove tercata sebagai ekosistem terporduktif dari ekosistem daratan manapun di dunia, mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai.

“Sebagai tindakan preventif dan preemtif dalam rangka menjaga kelestarian sumberdaya kelestarian terhadap setiap  aktivitas yang mengencam kerusakan lingkungan sumberdaya laut pesisir pantai dan pegunungan, mari kita bersama-sama melakukan penanaman pohon, dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar dapat kita wariskan kepada anak cucu kita kelak,” imbuh Kapolres AKBP Dhani.

Pj Bupati Abdya H Darmansah S,. Pd,. MM pada Saat menanam bibit pohon Mangrove

Dalam kesempatan yang sama Penjabat (Pj) Bupati Abdya Darmansah S,. Pd,. MM pada sambutannya juga mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan pada hari ini,

“Semoga momentum penanaman 77 ribu pohon secara serentak di pesisiran pantai pada hari ini sebagai usaha kita bersama dalam menjaga melestarikan dalan ekosistem hayati di sekitar desa lama tuha ini,” kata Darmansah

Selanjutnya, terkait dengan kegiatan penghijauan ini tentunya pihaknya berterimakasih kepada Kapolres Abdya dan segenap jajaranya yang telah berkontribusi dan ikut memelihara keasrian wilayah di pesisir pantai dengan melakukan penghijauan melalui penanaman bibit pohon mangrove.

“Seperti kita ketahui bersama sebagai negara kepulauan indonesia merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan mamfaat yang banyak baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitar kususnya bagi penduduk di pesisir,” ucap Darmansah

Foto bersama Pada kegiatan Penanaman bibit pohon mangrove

Lanjutnya, Pohon mangrove memiliki fungsi mengedapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya instrusi air laut kedaratan.

“Kedepan kami mengajak segenap elemen terkait, mari kita tingkatkan kembali sinergiritas dan komitmen bersama untuk melanjutkan program-program pembagunan di kabupaten Aceh Barat Daya, kususnya pemeliharaan lingkungan, mari kita jaga dan pelihara kawasan daerah pantai kita agar terlidungi dari musibah pantai,” imbuh Pj Bupati Darmansah.(ft)