Presiden Jokowi Saksikan Penyerahan Pesawat dan Helikopter Baru TNI

oleh -7 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|JAKARTA – Presiden Joko Widodo hadir di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk menyaksikan penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo. Pesawat tersebut merupakan salah satu dari lima pesawat angkut yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk memperkuat armada TNI AU. Rabu (24/1/2024).

Presiden Jokowi mengapresiasi kedatangan pesawat Super Hercules yang memiliki kapasitas dan kemampuan tinggi. “Ini adalah pesawat angkut yang kita pesan beberapa tahun yang lalu dan sangat penting untuk berbagai operasi TNI, baik perang maupun nonperang,” kata Presiden.

Menurut Presiden, pesawat Super Hercules bisa mengangkut 120 prajurit dan 20-an ton muatan. Pesawat ini juga bisa lepas landas dan mendarat di runway yang pendek, serta terbang hingga 11 jam tanpa henti. “Ini sangat cocok untuk Indonesia, negara kepulauan yang airport-nya sering memiliki runway yang pendek. Super Hercules ini bisa mendarat di sana, dan bisa terbang 11 jam nonstop,” jelas Presiden.

Baca juga

Selain pesawat Super Hercules, Presiden Jokowi juga menyaksikan penyerahan helikopter Fennec dan Panther yang telah direfurbishment oleh Kementerian Pertahanan. Helikopter Fennec diserahkan kepada KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, sedangkan helikopter Panther diserahkan kepada KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Presiden Jokowi menekankan bahwa helikopter-helikopter tersebut juga sangat penting untuk mendukung operasi TNI, khususnya di laut. “Helikopter-helikopter ini bisa turun di fregat kita, dan bisa membantu operasi laut kita. Saya kira heli-heli seperti Fennec itu sangat penting,” ujar Presiden.(*)

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pertahanan