Puskesmas Babahrot Launching progam Puskesmas Ramah Anak

-5 Dilihat

ABDYA, SIGUPAINEWS.com – Dalam upaya peningkatkan pelayanan kesehatan publik, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh launching UPTD Puskesmas Rawat Inap Babahrot sebagai Puskesmas Ramah Anak. pada Kamis (30/6/2022).

Peluncuran Puskesmas Ramah Anak itu bertujuan untuk memberikan fasilitas kesehatan pada pasien khusus anak-anak, dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sehingga, anak-anak khususnya di Kecamatan Babahrot bisa memperoleh layanan kesehatan yang maksimal.

Kepala Puskesmas Babahrot, Firdaus, SKM kepada Media mengatakan, progam Puskesmas Ramah Anak itu diharapkan dapat menjadi program pendukung dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan bagi anak, sehingga pasien anak merasa nyaman saat berobat.

Baca juga

“Tujuannya untuk memenuhi hak anak atas pelayanan kesehatan dan mewujudkan kesejahteraan anak,” tutur Firdaus,

Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap anak, Firdaus juga menyampaikan Puskesmas Babahrot juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh anak-anak.

“Misalnya tersedia resepsionis khusus anak, ruang rawat anak, ruang bermain, ruang pelayanan, ruang edukasi, pojok baca anak, dan ruang tempat menyusui.” terang Firdaus

Foto Istimewa

Sebelumnya, Kata Firdaus Puskesmas Babahrot juga menjadi satu-satunya puskesmas di Provinsi Aceh sebagai Puskesmas Pilot Project PKAT (Pemeriksaan Kesehatan Anak Terintegrasi), penunjukan itu langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau Kemenkes RI.

Menurut informasi yang diperoleh Media, predikat Puskesmas Pilot Project PKAT ini diberikan Pemerintah Indonesia hanya untuk 16 puskesmas yang ada di nusantara, salah satunya Puskesmas Babahrot, Abdya, Aceh.

“Puskesmas Babahrot juga terbaik 1 sebagai pengelola program anak dan petugas dalam MTBS se-Kabupaten Abdya. ┬áKita juga baru mendapatkan penghargaan Nakes berprestasi dalam rangka Hari Kartini tahun 2022,” ucapnya.

Sementara itu, Kadinkes Abdya, Safliati, S.ST, M.Kes dalam arahannya menyampaikan, puskesmas harus melayani semua pasien, baik pasien yang masih bayi hingga pasien lansia. Maka oleh karena itu, Puskesmas Ramah Anak bisa dijadikan sebagai program pendukung dalam memberikan kenyamanan bagi pasien anak.

“Kami berharap agar fasilitas ini bisa dijaga dengan baik, agar anak-anak tidak takut dan nyaman ketika berobat ke puskesmas. Selain itu, pelayanannya juga harus memadai, memperhatikan gizi dengan baik, serta tersedianya tenaga medis yang menangani khusus bidang kesehatan anak dan balita,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan predikat Puskesmas Ramah Anak harus memenuhi berbagai kriteria, di antaranya terkait keamanan anak, ruang khusus anak, pelayanan kesehatan anak, ruang bermain, dan adanya jaminan tenaga kesehatan yang mumpuni.

“Untuk saat ini, program Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Abdya hanya Puskesmas Babahrot. Kita juga berharap agar puskesmas lain nantinya bisa membuat dan menjalankan program tersebut,” pintanya.

Terakhir, Kadinkes Abdya berharap, dengan adanya pelaunchingan Puskesmas Ramah Anak itu, maka puskesmas juga dapat menambah fasilitas untuk anak, sehingga pelayanan kesehatan bagi pasien anak bisa lebih maksimal.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kadinkes Abdya, Safliati, Kadis DPMP4 Abdya, Nur Afni, Kapus Babahrot, Firdaus, Polsek Babahrot, Koramil 07/Babahrot, sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Babahrot, serta tenaga kesehatan Puskesmas Babahrot.(ft)

 

Baja Juga :Jembatan Alue Ara Sepanjang 160 Meter di Resmikan Bupati Akmal Ibrahim SH