Razia Kendaraan di Abdya, Upaya Polisi Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

oleh -14 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, menggelar razia kendaraan di Jalan Guhang – Blangpidie. Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari operasi rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepatuhan dalam berlalu lintas.

Kapolres Abdya AKBP Agus Sulistianto, melalui Kasat Lantas, AKP Tri Andi Dharma,  menyatakan bahwa razia ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Baca juga

“Kami ingin pengguna jalan lebih patuh dan taat pada aturan, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan,” ujar Andi.

Selain itu, Andi menekankan bahwa razia ini juga merupakan bentuk kepedulian Polri dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan tertib.

“Kami berharap dengan adanya razia ini, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dapat terus ditingkatkan,” tambahnya.

Dalam operasi tersebut, petugas menemukan sejumlah pelanggaran, termasuk pengendara yang tidak menggunakan helm, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), memiliki SIM yang telah kadaluwarsa, dan belum membayar pajak kendaraan.

Andi mengimbau para pengendara yang terjaring razia untuk segera memenuhi kewajiban mereka, seperti membuat SIM dan selalu membawa dokumen kendaraan yang lengkap.

“Kami juga mengingatkan pengendara sepeda motor untuk selalu menggunakan helm demi keselamatan,” tegasnya.

Sebagai pengingat, Andi mengungkapkan bahwa dari Januari hingga Juni 2024, Satlantas Abdya telah mencatat 48 kasus kecelakaan, dengan 13 korban meninggal dunia, 25 luka berat, dan 44 luka ringan.

“Kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas diperkirakan mencapai Rp 191 juta. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk lebih taat pada aturan dan berhati-hati saat berkendara,” pungkas Andi.(*)