Sebanyak 21 Orang Etnis Rohingya Terdampar di Pesisir Pantai Abdya

-4 Dilihat
Foto : Ist

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Sebanyak 21  orang etnis Rohingya atau manusia perahu kembali terdampar di Aceh, terdampar di kawasan pesisir barat selatan Aceh, yakni di Desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Senin (13/3/2023).

Kasat Polairud Abdya, Ipda Suwarno mengatakan sebanyak 21 orang etnis Rohingya yang terdampar itu, terdiri dari 11 laki-laki, 9 orang perempuan, dan satu diantaranya ialah  anak-anak.

“Pada hari Senin pukul 06.00 WIB telah ditemukan orang Rohingya di Pantai Padang Kawa, Kecamatan Tangan Tangan, Abdya, yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 11 laki-laki, 9 perempuan, satu diantaranya anak-anak,” sebut Kasat Ipda Suwarno, dalam keterangan tertulis, Senin 13 Maret 2023.

Baca juga

Hingga saat ini pihak kepolisian sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna untuk dilakukan penanganan selanjutnya.

Selain itu Keuchik Desa Padang Kawa, Tarmizi membenarkan bahwa di desanya ada imigran yang terdampar. Bahkan, kata dia, pasca kedatangan rohingya masyarakat berbondong-bondong melihat langsung warga rohingya tersebut.

“Benar, tadi pagi sekitar puku 06.00 WIB mereka sudah mendarat di desa kami, saya tidak mengetahui kapan pengungsi rohingya itu mendarat di Padang Kawa. Namun, tiba-tiba mereka sudah ada di perkampungan,” ungkapnya

Kemudian dirinya juga tidak tahu kapan, jalur mana dan berapa hari mereka sudah di sini, tiba-tiba saja mereka sudah berada di perkampungan, hal itu diketehui Tarmizi menjelaskan, ada sebanyak 21 orang warga yang terdampar itu diketahui oleh warga saat hendak pergi melaut.

“Jadi, setelah mengetahui adanya warga rohingya terdampar nelayan tadi memberitahu kepada saya. Dan untuk saat ini mereka masih di rumah tuha peut, dan kejadian itu sudah saya laporkan ke pihak kecamatan,” ujar keuchik Desa Padang Kawa Tarmizi.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?