Sejumlah Dosen dari Aceh Sambangi PMI di KBRI Malaysia

-71 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ACEH -Sejumlah tenaga pengajar dari berbagai Universitas yang ada di Aceh melakukan sejumlah lawatan di Negeri Jiran Malaysia. Salah Satu kegiatan yang mereka ikuti berupa seminar “Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Negara Penempatan Malaysia” acara tersebut berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala lumpur.

Menurut Ria Ceriana, S.Pd., S.Si., M.Si salah satu perwakilan dosen dari Aceh mengatakan bahwa, seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pekerja migran yang ada di Malaysia, dikarenakan belakangan ini banyak masalah yang timbul seperti; kekerasan, honorarium yang macet, dan masalah urgent lainnya.

“Sudah menjadi rahasia umum, jika pekerja migran negera kita sebagian dari mereka terjerat dengan masalah-masalah krusial dalam pekerjaannya. Oleh karena itu seminar ini melalui pengabdian internasional dari para dosen memberikan sedikit edukasi, agar para pekerja kita tidak lagi terjerat dalam permasalahan tersebut”. Ujar ria melalui rilisnya. Rabu (12/7/2023).

Baca juga

Sejumlah agenda tenaga pengajar tersebut di ketuai oleh Fathiah, M.Eng. dalam kesempatan yang sama selaku ketua panitia, ia mengatakan bahwa, Seminar ini berjalan dengan baik, para audiens disuguhkan pemahaman tentang manajemen keuangan keluarga, proper body mechanic pencegahan nyeri pinggang, pola hidup sehat untuk peningkatan kualitas diri sehari-hari, selfcare sebagai upaya menggapai sehat mental, perawatan diri dan kesehatan diri berbahan dasar alam,

“Pertolongan pertama psikologis dan literasi kesehatan mental, motivasi dan peluang kewirausahaan, exit strategy menuju ke mandiri ekonomi dan penyesuaian sosial psikologi purna pmi, ketahanan keluarga bagi tenaga kerja  indonesia, pengenalan pembuatan laporan keuangan pada pmi berbasis digital, peran orang tua dalam membangun karakter anak dan remaja di era digital, edukasi soft kill di era robotic bagi pmi, short training: menggapai visi misi dan tujuan hidup, dan pinjaman online : identifikasi bahaya dan resiko”. Ungkap Fathiah.

Kegiatan kunjungan ini kemudian ditutup oleh Berhan Akla Muqtadir selaku Sekretaris I Pensosbud (Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya). Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa ucapan terima kasih yang sangat luar biasa kepada para dosen yang sudah bersedia berkunjung dan memberikan motivasi serta dukungan moril kepada para PMI yang berada di shelter KBRI. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan semangat dan kegembiraan kepada para PMI dimana mereka memiliki berbagai masalah.

Pemateri :
1. H. Zulkifli Umar, S.E., Ak., M.Si, CA
2. Ftr. Fithriany, S.E., S.St., M.KMP
3. dr. Ika Satya Perdhana, M.Biomed
4. Karjuniwati, M.Psi, Psikolog
5. Vera Nova M.Psi, Psikolog
6. Ria Ceriana, S.Pd., S.Si., M.Si
7. Dr. Safrida, S.Pd, M.Si., AIFO
8. Dr. phil. Zarina Akbar, M.Psi
9. Syahrul Maulidi, S.E., M.Si
10. Suryani Murad, S.E., M.Si
11. Dr. Marlizar, S.E., M.M
12. Muslima, S.Ag., M.Ed
13. Eliana, SE., M.S.E
14. Zahriah, M.Pd
15. Fathiah, M.Eng
16. Hafnidar, S.Psi., M.Sc., Ph.D
17. Ikhyanuddin, S.Si., M.Acc.

Daftar Universitas yang ikut dalam kegiatan; Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala (USK), Akademi Farmasi YPPM Mandiri, STIES Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Universitas Terbuka, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen, Akademi Keperawatan Kesdam Iskandar Muda, Yayasan  Sihat Beurata IAIN Takengon, Politeknik Kutaraja, Poltekkes Kemenkes Aceh, International Tourism College (ITC) Aceh, Perguruan Tinggi Al- Washliyah Banda Aceh, Universitas Iskandar Muda, Universitas Samudra, Universitas Serambi Mekah, Universitas Ubudiyah Indonesia, Universitas Abulyatama, Universitas Pattimura, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara, Universitas Malikussaleh, ATRO Banda Aceh, Universitas Negeri Makassar, Akademi Kebidanan Saleha, STKIP PGRI Trenggalek Jawa Timur, IAIN Lhokseumawe, Politeknik Indonesia Venezuela (POLIVEN), Sekolah Tinggi Teknik Iskandar Thani, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Universitas Almuslim, STIKES Assyifa Aceh, Universitas Gajah Putih, Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan Pante Kulu, Stain Teungku Dirundeng Meulaboh, dan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia.(*).

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?