Sekda Abdya Salman Alfarisi Buka Acara AESCO ke IV MAN Inovasi Abdya

-134 Dilihat

SIGUPAINEW.COM|ABDYA – Ajang Annual Education dan Sport Competition ( AESCO) ke IV yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Inovasi Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, yang di ikuti ratusan siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengan Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA). Rabu (1/2/2023).

Dalam acara mencari dan mengembangkan bakat siswa-siswi yang diikuti dari sejumlah sekolah dalam wilayah Barat Selatan Aceh itu dihadiri Sekda Abdya, Salman Alfarisi dan juga turut dihadiri Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugrahan SH SIK MH, unsur Kodim 0110/Abdya serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Pada saat pembukaan acara itu dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Abdya H Darmansah. S. Pd. MM yang di wakili Sekda Salman Alfarisi. ST menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya menyambut baik serta mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan AESCO ke-4 ini.

Baca juga

“Kami menilai acara ini merupakan wujud dari kretifitas siswa-siswi kita dalam melakukan hal-hal yang positif demi menunjang prestasi utama di bidang pendidikan,” tuturnya

Kemudian kata Salman, pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam membangun manusia seutuhnya, ini sejalan dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 dimana pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang.

Lebih lanjut Salman menjelaskan pendidikan juga merupakan hal utama dalam pembagunan bangsa, dengan menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal maka semua peraoalan pembaguna akan mudah diatasi, tentunya dengan didukung dengan penanaman aqidah dan keimanan kepada Allah SWT.

“Kita semua harus menyadari bahwa ketersediaan sumber daya manusia yang handal terutama di daerah kita, bahaik dari segi jumlah maupun mutu adalah salah satu tantangan terbesar yang saat ini kita hadapi. Bagaimana posisi masyarakat dan kabupaten kita dalam 20-30 tahun mendatang ditingkat nasional maupun internasional ditentukan sejahu mana kita mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita hari ini,” sebut Salman

Lanjutnya, Sumberdaya Manusia Abdya yang handal di masa mendatang itu bayangkan saja sebagai masyarakat yang sehat, cerdas, inovatif, menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, mampu memamfaatkan sumberdaya alam dan sumberdaya lainya dengan bijak sana, serta jeli melihat peluang dalam berbagai kesempatan sosial ekonomi yang tersedia.

“Sumberdya Manusia Abdya yang kita cita-cita kan haruslah teguh iman dan moralnya, demokratis, toleran, patuh pada hukum, bangga akan kebudayaan dan jati dirinya dan menjadi pelaku-pelaku pembagunan yang disegani dan diteladani di dalam negara kita sendiri maupun masyarakat dunia nantinya,” harapnya

Untuk mencapai sumberdaya manusia abdya Sekda Abdya Salman juga mengatakan seperti yang di cita-citakan itu, tentunya bukan perkara gampang yang diselesaikan dalam waktu satu atau dua hari sebaliknya, harus di upayakan secara serius terus menerus tampa henti dan tidak mengenal lelah.

“Pendidikan merupakan salah satu jalan yang kita perkuat demi mencapai cita-cita¬† itu, seperti perbaikan pelayanan kesehatan, pelatihan ketrampilan kerja, peningkatan akhlak, moral, dan iman kepada Allah SWT,” imbuh Sekda Salman Alfarisi

Kemudian Sekda Abdya mengharapkan kepada para pelajar yang juga sebagai pelapor perubahan serta kader pemimpin masa depan dapat berupaya semaksimal mungkin untuk memberi kontribusi yang sebeser-besarnya untuk Kabupaten Aceh Barat Daya, tentunya dengan mempersembahkan prestasi terbaik dengan kemampuan yang dimiliki.

“Oleh karna itu kami selaku Pemerintah kabupaten berpesan kepada seluruh siswa-siswi lebih berpacu bersaing dalam dunia pendidikan, dengan kegiatan semacam ini diharapkan dapat mengwujudkan, kader-kader yang kritis, intelektual, ilmiah, pemberi solusi sehingga dapat teecipata masyarakat Aceh Barat Daya yang independen dan sejahtera,” ucap Sekda Abdya

Diakhir kata Sekda Abdya Salman Alfarisi mengajak bangkit mengejar ketertinggalan dengan cara melahirkan konsep dan pemikiran baru, dengan demikian Kabupaten Aceh Barat Daya dapat menjadi barometer dibidang pendidikan bagi daerah lain khususnya di provinsi aceh.

“Semoga Allah SWT senantiasa membimbing setiap usaha kita dalam memajukan dunia pendidikan,” Demikian tutup Sekda Abdya Salman Alfarisi. ST. (*)