Sekda Salman Alfarisi Resmi Buka Festival Lomba Siswa Bertalenta SMP Negeri 1 Blangpidie

oleh -26 Dilihat
Sekda Salman Alfarisi
Foto : Fitria Maisir / SIGUPAINEWS.COM

Sekda Salman Alfarisi Resmi Buka Festival Lomba Siswa Bertalenta SMP Negeri 1 Blangpidie

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Dengan semangat yang berkobar, SMP Negeri 1 Blangpidie di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah sukses menggelar Festival Lomba Siswa Bertalenta (Valerta) Vol 1. Festival empat hari ini, yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 Mei 2024, mengambil tema inspiratif “Suarakan Impian Besarmu” dan diadakan di lingkungan sekolah itu sendiri.

Pembukaan festival menjadi saksi kehadiran berbagai tokoh penting. Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, H. Salman Alfarisi, ST, membuka acara dengan resmi, didampingi oleh perwakilan Dinas Pendidikan, unsur Muspika Blangpidie, pengawas sekolah, komite sekolah, kepala-kepala SD, dewan guru, serta tamu undangan lainnya. Senin (27/5)

Baca juga

Kepala SMPN 1 Blangpidie, Muhammad Wahyu, S.Pd.I., dalam laporannya menyatakan bahwa Valerta Vol 1 merupakan inisiatif pertama yang diharapkan akan menjadi agenda tahunan. “Kami berharap Valerta menjadi tempat bagi generasi muda Abdya untuk menemukan, mengenali, dan memperkenalkan bakat mereka,” ujar Wahyu. Festival ini dirancang untuk menjadi wadah bagi siswa dalam mengasah bakat di bidang agama, akademik, seni, dan olahraga.

“Festival ini juga bertujuan untuk memperkuat karakter mental siswa dan mengatur potensi siswa SD yang akan menjadi calon siswa SMPN 1 Blangpidie. Kami ingin menciptakan kolaborasi antara SMP dan SD,” tambah Wahyu.

Sebanyak 240 talenta dari 13 SD di Kecamatan Blangpidie telah terdaftar untuk berkompetisi dalam berbagai cabang lomba, termasuk Tahfiz Qur’an, lomba cerdas cermat, vokal solo, sepakbola mini, dan bulu tangkis, yang diselenggarakan di tiga lokasi berbeda.

Dana untuk kegiatan ini bersumber dari dana sekolah, komite, dewan guru, sponsor, dan donatur. “Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membuat festival ini terlaksana,” kata Wahyu.

Pj Bupati Abdya, H. Darmansah, yang diwakili oleh Sekda Abdya, H. Salman Alfarisi, ST, menyampaikan apresiasi tinggi dari pemerintah kabupaten. “Ini adalah bukti nyata dari semangat siswa dalam meningkatkan prestasi pendidikan,” kata Sekda.

Menurut Sekda, pendidikan adalah pilar penting dalam membangun karakter dan kecerdasan generasi penerus bangsa. “Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan sebagai hak dasar setiap warga negara,” tambahnya.

Sekda menekankan pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan inovatif. “Mereka harus mampu memanfaatkan sumber daya alam secara bijak,” ucapnya.

Sekda berharap para siswa dapat berkontribusi untuk kemajuan Aceh Barat Daya. “Marilah kita bangkit dan mengejar ketertinggalan dengan inovasi dan pemikiran baru,” harapnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan tarian, silat, dan musik tradisional yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMPN 1 Blangpidie, menambah semarak perayaan ilmu dan bakat.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?