Susoh Rayakan HUT Ke-357 dengan Pameran Sejarah Rempah di PKA 8

-36 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Bandar Susoh, salah satu situs cagar budaya maritim dunia, merayakan hari jadinya yang ke-357 pada tanggal 3 November 2023.

Bandar Susoh dikenal sebagai pusat perdagangan rempah di masa lalu, sejak ditetapkan pada tahun 1666 berdasarkan buku Susoh Cahaya Kemilau Peradaban karya Aris Faisal Djamin.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2021 dan diseminarkan pada tahun 2022 di tingkat kabupaten.

Baca juga

Untuk memperingati hari jadinya, Badan Penelitian dan Pengembangan Aceh Culture and Education (Balitbang Action) menggelar pameran sejarah rempah Bandar Susoh dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 yang berlangsung pada tanggal 4 -12 November 2023 di Banda Aceh.

Sekretaris DPP Action Rozal Nawafil S.Tr.IP mengatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah Bandar Susoh secara luas kepada masyarakat Aceh dan Nasional.

“Kami akan menampilkan berbagai macam jenis rempah yang pernah diperdagangkan di Bandar Susoh pada era kejayaannya di Expo Sejarah Rempah PKA-8,” ujar Rozal.

Kepala Balitbang Action Hasanul Amri S.Pd.Gr menambahkan bahwa persiapan pameran sudah mencapai 100 persen menjelang H-1 PKA.

“Ini berkat kerjasama tim yang hebat antara panitia Action yang berada di daerah dan di provinsi,” tutur Cekgu Amri.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?