Tata Laksana Jumat 15 September 2023 di Mesjid Agung Baitul Ghafur Aceh Barat Daya

oleh -95 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Tata Laksana Jumat pada 29 Shafar 14445 H /  15 September 2023 di Mesjid Agung Baitul Ghafur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan tema isi khutbah jumat “Seutama – utama Jihad”

Adapun yang bertindak sebagai Khatib Jumat di Mesjid Agung Baitul Ghafur akan diisi oleh Tgk, H, Anas Bidin Nyak Syech, S.Ag.MBA

Yang menjadi Imam Shalat Jumat akan diisi oleh Tgk, Muliadi

Baca juga

Sebagai Naif Imam diisi oleh Ustad Taufik Hidayat Lc.

Selanjutnya yang menjadi Qori diisi oleh Tgk, Rahmat Hidayat SH

Kemudian yang bertidak menjadi Muazin diisi oleh Tgk, Redi Striadi.

Perlu untuk di ketahui Sholat Jumat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh laki-laki muslim yang sudah akil baligh sepanjang hidupnya. Selain baligh, ada beberapa syarat wajib sholat Jumat yang harus dipenuhi.

Sesuai dengan namanya, sholat Jumat dilaksanakan di hari Jumat. Bagi umat Islam, Jumat merupakan hari yang istimewa. Dikutip dari tulisan Salat Jum’at Virtual di Masa Pandemi Covid-19 karya Ahmad Aliudin, dijelaskan bahwa hari Jumat merupakan hari berkumpul bagi umat Islam, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: نَحْنُ الْآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوْم القيامة, بيد أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا ثُمَّ أَنَّ هَذَا يَوْمُهُمُ الَّذِي فَرَضَ اللهُ عَلَيْهِمْ فَخَتَلَفُوا فِيهِ فَهَدَانَا اللهُ لَهُ فَالنَّاسُ لَنَا فِيهِ تَبَعْ الْيَهُودِ غَدًا وَالنَّصَارَى بَعْدَغد. (رواه البخاري

Artinya: “”Kita adalah umat terakhir, tetapi terkemuka. Mereka (Yahudi, dan Nashrani) terlebih dahulu menerima kitab (melalui Nabi-nabi mereka). Dan hari ini (jum’at) adalah hari diwajibkan kepada mereka sholat, tetapi mereka berselisih pendapat tentang itu. Oleh karena itu Allah, memberi petunjuk kepada kita tentang hari itu, sedang orang-orang lain mengikuti dibelakang kita, yaitu Yahudi besoknya (sabtu) dan Nashrani besoknya lagi (ahad)”. (HR. Bukhari)”.

Secara jelas Allah SWT memerintahkan pelaksanaan sholat Jumat yang termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-Jumu’ah ayat 9, yaitu sebagai berikut.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ -9

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah).(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?