Wapres RI Minta Kebebasan Pers Harus Disertai Tanggung Jawab Sosial

oleh -15 Dilihat
oleh

SIGUPAINEWS.com | Jakarta Pusat – Transformasi zaman mendorong munculnya berbagai ragam media yang menyediakan aneka pilihan bagi masyarakat sesuai dengan karakteristiknya.

Oleh karena itu, di tengah derasnya arus informasi, media perlu melakukan aksi responsif dan adaptif, namun tetap harus mengedepankan kode etik jurnalistik dalam mendiseminasi ragam informasi.

Baca juga

“Media massa memiliki posisi strategis sebagai kontrol sosial dalam kehidupan berdemokrasi. Hendaknya kebebasan pers ini mutlak disertai dengan tanggung jawab sosial, dan tetap dalam koridor ketentuan hak asasi manusia,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat menghadiri Gatra Awards 2022 secara daring, pada Senin 12 Desember 2022 yang dikutip SIGUPAINEWS.com melalui https://www.kominfo.go.id/  Jum’at (23/12/2022)

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa media harus terus memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan edukatif.

“Saya minta untuk meneruskan kiprahnya sebagai media terpercaya, dalam menyebarluaskan informasi kepada publik secara jujur dan berimbang, serta kental muatan edukasi,” pintanya.

Selain itu, Wapres meminta peran aktif media untuk berkontribusi dalam kemajuan bangsa pascapandemi.

“Terlebih kini, dalam upaya menanggulangi dampak pandemi, media massa bersama dengan segenap elemen bangsa sepatutnya bersinergi untuk mempercepat pemulihan bangsa,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga mengapresiasi inisiasinya memberikan penghargaan kepada institusi pemerintah, swasta, dan individu yang telah berdedikasi dalam mengakselerasi pemulihan bangsa. Ia pun berharap apa yang telah dilakukan para penerima penghargaan dapat diadopsi oleh pihak lain.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan Gatra Awards 2022. Saya harapkan prestasi ini dapat menginspirasi berbagai pihak lain untuk memajukan Indonesia melalui sumbangsih nyata dan realisasi program-programnya,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap kegiatan seperti ini mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas diri dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Forum penghargaan ini juga seyogianya semakin memantik semangat berkarya seluruh insan kreatif Indonesia, untuk lebih produktif, inovatif, dan kontributif mewujudkan Indonesia Emas 2045,” pungkasnya. (Fit)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?