Wujudkan Daerah Swasembada Pangan, Darmansah Canangkan 3 Kali Tanam Padi Setahun

-11 Dilihat
Pj Darmansah canangkan 3 kali panen setahun copy
Pj Bupati Abdya, Darmansah saat memberikan arahannya usai melakukan tanam padi serentak di Desa Pisang Kecamatan Setia dalam kegiatan Gerakan Menanam Padi Musim Tanam Rendengan tahun ini, Kamis 2/2/2023. (Foto: Ist.)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sedang berupaya mencanangkan pencapaian Indek Penanaman (IP) 300 atau 3 kali tanam padi pada tahun 2023.

Upaya ini dilakukan untuk memacu peningkatan produksi padi, atau surplus gabah secara berkelanjutan di daerah dengan julukan Bumoe Breuh Sigupai tersebut.

“Kabupaten Abdya kita harapkan menjadi daerah penghasil beras di pantai Barat Selatan Aceh sekaligus dapat mengendalikan inflansi daerah,” kata Pj Bupati Abdya, Darmansah saat melakukan tanam padi serentak di Desa Pisang Kecamatan Setia dalam kegiatan Gerakan Menanam Padi Musim Tanam Rendengan tahun ini, Kamis (2/2/2023).

Baca juga

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Abdya H Darmansah mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya berkomitmen menjadi Kabupaten Aceh Barat Daya daerah mandiri pangan dan swasembada pangan.

“Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan salah satu daerah lumbung pangan Provinsi Aceh yang letaknya sangat strategis dengan pontesi sumber daya lahan sawah yaitu mencapai 8.299 hektar,” tutur Darmansah.

Ia menjelaskan apabila sumber daya ini dikelola dengan baik ditambah dengan masukan teknologi budi daya, maka dapat meningkatkan Indek Penanaman yang sempurna.

“Maka target pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Abdya insya Allah akan segera tercapai,” sebutnya.

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Aceh ini juga mengatakan, pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional di Kabupaten Aceh Barat Daya. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian terutama padi.

“Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi,” cetus Darmansah.

Dalam kesempatan itu pula Darmansah memaparkan, rencana kerja pemerintah terhadap ketahanan pangan, serta suatu prioritas mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula. Sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan.

Lebih lanjut kata Darmansah, dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan tersebut diperlukan persamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan singkronisasi dalam mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan

“Sektor pertanian tidak bisa bekerja sendiri namun harus didukung oleh intansi terkait irigasi dan jaringannya, oleh Dinas Pekerjaan Umum, Pemasaran, oleh Dinas Prindakop, Pemodalan, dari lembaga keuangan (perbankan) serta sarana dan prasarana lainya harus di fasilitasi oleh pemerintah.” ujar Pj Bupati Abdya H Darmansah.

Pantauan SIGUPAINEWS.COM, dalam kegiatan itu, turut serta dihadiri Dandim 0110/Abdya, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kajari, Kepala Ferum Bulog Blangpidie, Para Kepala SKPK, Para Camat, Koordinator Penyuluh, Ketua KTNA Se Kabupaten Aceh Barat Daya, Mantri Tani beserta penyuluh lapangan, Para Kuejruen Chik, Hop Keujreun dan Ketua Kelompok Tani. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.