Wujudkan Project Profil Pelajar Pancasila, Disdikbud Abdya Beri Apresiasi SDN 1 Babahrot

-1 Dilihat
Disdikbud abdyamemberikan apresiasi terhadap pergelaran rangkaian kegiatan minggu tenang atau Project Profil Pelajar Pancasila 1
Disdikbud abdyamemberikan apresiasi terhadap pergelaran rangkaian kegiatan minggu tenang atau Project Profil Pelajar Pancasila Kepada SDN 1 babahrot di Abdya. (Foto: Ist)

ABDYA, SIGUPAINEWS.COM- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan apresiasi terhadap pergelaran rangkaian kegiatan minggu tenang atau Project Profil Pelajar Pancasila yang diadakan Sekolah Dasar Negeri 1 Babahrot pada pada Kamis (16/6/2022).

Kepala Disdikbud Abdya, Jauhari, S. Pd mengatakan, Kabupaten bertuan tanah Teungku Peukan itu ditunjuk sebagai salah satu kabupaten yang menjalankan program sekolah penggerak, termasuk SDN 1 Babahrot.

“Khusus untuk sekolah penggerak angkatan satu, terdapat satu Taman Kanak-kanak (TK), 6 SD dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan angkatan kedua ada 2 TK, 5 SD, dan 2 SMP,” kata Jauhari

Baca juga

Tambahnya, sesuai dengan kurikulum yang diterapkan, terdapat Project Profil Pelajar Pancasila. Untuk tahapan ini, SDN 1 Babahrot telah mengemas kegiatan tersebut dalam pargelaran minggu tenang usai ujian kenaikan kelas.

“Disdikbud Abdya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan tujuan pendidikan yaitu mewujudkan Project Profil Pelajar Pancasila,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Babahrot, Tasrullah S. Pd menyampaikan, selain diadakannya pagelaran Project Profil Pelajar Pancasila, pihaknya juga mengadakan festival anak sholeh dan pentas seni. Dalam Festival Anak Sholeh diadakan berbagai macam perlombaan, seperti Musabaqal Tilawatil Qur’an (MTQ), hafalan Qur’an juz 30, lomba azan, lomba pidato, cerdas cermat dan shalat jenazah.

“Kegiatan ini telah kita adakan sejak Senin lalu, Alhamdulillah hari ini kita laksanakan kegiatan pentas seni sekaligus penutupan kegiatan,” ucap Tasrullah.

Disdikbud abdya memberikan apresiasi terhadap pergelaran rangkaian kegiatan minggu tenang atau Project Profil Pelajar Pancasila
Disdikbud Abdya memberikan apresiasi terhadap pergelaran rangkaian kegiatan minggu tenang atau Project Profil Pelajar Pancasila kepada SDN 1 Babahrot. (foto. Ist)

Selanjutnya, untuk pagelaran Project Profil Pelajar Pancasila yaitu karya siswa dan siswi dari pemanfaatan barang-barang bekas, yang didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat. Sedangkan Pensi atau pentas seni menampilkan rapai geleng sanggar Tunas Barona, ranub lampuan sanggar Bungong Ban Keumang, drama, fashion show, kesan dan pesan siswa kelas enam, dan ditutup dengan pembagian hadiah untuk pemenang perlombaan.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan harapan, agar peserta didik dapat menyalurkan bakat dan minatnya yang selama ini belum ada wadah yang tepat untuk menyalurkannya,” kata Tasrul.

Dengan adanya kegiatan itu Tasrullah berharap peserta didik merasa tenang, senang, aman, bahagia. Selain itu, tujuannya juga agar guru dapat mengidentifikasi sejauh mana kemampuan peserta didik.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Disdikbud Abdya, Komite Sekolah, para dewan guru SDN 1 Babahrot, serta semua pihak yang telah bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Besar harapan agar program kegiatan yang bersifat positif seperti ini dapat berkelanjutan,” imbuh Kepsek SDN 1 Babahrot, Tasrullah terkait pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. (ft)

 

Baca : Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak, Gubernur Nova Kunjungi Abdya