YARA Nilai Safaruddin Berpeluang Besar Jadi Bupati Abdya 2024-2029

-14 Dilihat
Safaruddin Abdya
Safaruddin. (Dokpri).

SIGUPAINEWS.COM|BLANGPIDIE – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat Daya (Abdya) menilai sosok Safaruddin memiliki peluang besar untuk menjadi Bupati Abdya periode 2024 – 2029. Hal itu didasari pada keberhasilan Safaruddin dalam meraih suara terbanyak dalam Pileg DPR Aceh dari Dapil 9.

Berdasarkan data yang diterima, Safaruddin yang juga Wakil Ketua DPR Aceh dari Partai Gerindra itu berhasil memenangkan kepercayaan pemilih dengan meraih lebih dari 23 ribu suara di Abdya pada Pileg 2024. Suara tersebut menjadikan Safaruddin sebagai caleg DPR Aceh peraih suara terbanyak di kabupateN tersebut.

Ketua YARA Abdya, Suhaimi N SH, mengatakan masyarakat Abdya cenderung bakal memilih pemimpin yang memiliki kedekatan dan terbukti memberikan kontribusi positif bagi daerah.

Baca juga

“Dari hasil pantauan kami, masyarakat sangat menginginkan pemimpin seperti Safaruddin,” ujar Suhaimi, Rabu 21 Februari 2024.

Suhaimi menambahkan bahwa perolehan suara yang signifikan, mencapai 23 ribu suara, membuat Safaruddin menjadi sosok yang patut diperhitungkan.

Suara ini, menurut dia, hampir menyamai jumlah suara pada Pilkada 2017 yang dimenangkan oleh Akmal Ibrahim – Muslizar MT dengan perolehan lebih dari 28 ribu suara.

“Melalui evaluasi hasil Pileg dan Pilkada 2017, Safaruddin berpeluang besar untuk menang dibandingkan dengan calon lain yang sebahagian ikut bertarung di DPR Aceh maupun maju di DPRK Abdya. Suara mareka itu berada di bawah Safar,” jelas Suhaimi.

Selain itu, Suhaimi, juga menyoroti prestasi Safaruddin sebagai Wakil Ketua DPRA yang berhasil membawa program kerja ke daerahnya. Lebih lanjut, Safaruddin juga sukses membawa Partai Gerindra mendulang suara terbanyak pada Pileg 2024 di Abdya. Partai Gerindra juga diprediksi meraih 4 kursi DPRK. Sehingga peluang menduduki kursi pimpinan DPRK Abdya pun terbuka lebar.

“Dengan meraih empat kursi, Partai Gerindra bisa maju tanpa koalisi,” tambahnya.

Meskipun demikian, sebagai pegiat hukum, Semmy (-panggilan akrab Suhaimi) menilai bahwa Safaruddin berpeluang besar untuk memenangkan kancah Pilkada 2024 serentak di Abdya.

“Dan itu bergantung pada bagaimana Safar memanfaatkan peluang tersebut. Kita tidak dalam kapasitas mendukung tetapi hanya menilai saja,” pungkasnya.[]

Sebagai informasi, Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan salah satu wilayah yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2024 bersama 545 daerah lainnya.

Bersama dengan itu terdapat 37 provinsi (Gubernur), 415 kabupaten (Bupati), dan 93 kota (Wali Kota) akan berkontestasi dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah pada November mendatang. Berdasarkan Keputusam yang ditandatangani Ketua KPU Pusat, Hasyim Asy’ari, Pemilihan Kepala Daerah serentak akan dilaksanakan, Rabu 27 November 2024.

Sementara tahapan Pilkada sesuai PKPU sudah dimulai sejak 26 Januari 2024 berupa perencanaan program dan anggaran. Dilanjutkan penyusunan peraturan penyelenggara pemilihan 18 November mendatang.

Pembentukan PPK, PPS dan KPPS diagendakan 17 April s.d. 5 November 2024. Sedangkan pembentukan panitia pengawas kecamatan, pengawas lapangan dan pengawas tempat pemungutan suara ditentukan oleh Bawaslu.

Pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan 27 Februari s.d. 16 November 2024. Penyerahan daftar penduduk potensial pemilih 24 April s.d 31 Mei 2024.

Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilihan diagendakan 31 Mei s.d. 23 September 2024.

Tahapan penyelenggaraan diawali dengan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan 5 Mei s.d. 19 Agustus 2024, pengumuman pendaftaran pasangan calon 24 s.d. 26 Agustus 2024, pendaftaran pasangan calon 27 s.d. 29 Agustus 2024, penelitian persyaratan calon 27 Agustus s.d. 21 September 2024.

Penetapan pasangan calon 22 September 2024. Pelaksanaan kampanye 25 September s.d. 23 November 2024 dan pelaksanaan pemungutan suara 27 November 2024.

Dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara 27 November s.d. 16 Desember 2024.(*)

Baca juga: Tiga Putra Abdya Dipastikan Tempati Kursi DPRA, Sosok yang ‘Bukan Kaleng-Kaleng’

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?