Beras “Musuh Utama” Penyakit Diabetes, Ini Cara Aman Menurut Pakar

-16 Dilihat
diabetes melitus
Gambar Ilustrasi (Sumber : Lotte Mart)

Tiap detik, sedikitnya 5 orang meninggal akhibat diabetes di dunia. Sekitar 573 juta orang hidup dengan diabetes. Penyakit ini bertanggung jawab atas 6,7 juta kematian pada tahun 2021. Sungguh angka yang sangat fantastis dan melebihi angka kematian Covid-19 sejak 2020 hingga November 2022.

SIGUPAINEWS.COM|KESEHATAN – Tahu kah Anda, kematian akhibat diabetes, disinyalir melebihi angka kematian akhibat Covid-19?

Sebuah artikel yang dimuat theconversation.com menunjukkan, tiap detik, sedikitnya 5 orang meninggal akhibat diabetes di dunia. Sekitar 573 juta orang hidup dengan diabetes. Penyakit ini bertanggung jawab atas 6,7 juta kematian pada tahun 2021. Sungguh angka yang sangat fantastis dan melebihi angka kematian Covid-19 sejak 2020 hingga November 2022.

Baca juga

Dilansir dari halodoc.com, diabetes atau penyakit gula adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang, ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Jika zat gula berlebihan, zat gula kemudian akan disimpan di organ hati untuk digunakan lain waktu. Kadar gula normal orang dewasa biasanya berkisar, 70-130 miligram per desiliter.

Diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Diabetes juga merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke dan penyakit serius lainnya.

Data tahun 2022 menunjukkan meski Indonesia diperkirakan hanya terdiri dari 11 persen pengidap diabetes, namun angka ini setara dengan 30 juta penduduk.

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?