Bupati Bireun Hadiri Acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Bireun di Banda Aceh

oleh -0 Dilihat
Peusijuk jamaah calon haji bireun
Acara pelepasan atau pesijuk Calon Jamaah Haji (CJH) asal Bireun oleh Bupati Bireun. (Foto. Zubir)

BANDA ACEH, SIGUPAINEWS.COM– Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, S.H.,M.Si menghadiri acara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bireun yang tergabung dalam kloter 2 embarkasi Aceh tahun 2022 pada Rabu, 15 Juni 2022 di Banda Aceh.

Pelepasan tersebut penuh dengan rasa haru dan bahagia dari para CJH keluarganya. Dengan menumpang bus, pelepasan CJH turut disaksikan unsur Forkopimda Bireuen serta keluarga yang turut melepas CJH asal Bireuen.

Sebelum melepas, Bupati Bireuen Muzakkar berpesan kepada CJH untuk selalu menjaga kesehatan dan fokus menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah.

Baca juga

“Setibanya di Bandara Madinah nanti, saya harap jangan panik, terutama dalam mencari barang-barang karena ada petugas yang telah mengatur semuanya, fokus saja pada ibadah, jaga kesehatan dan ikuti aturan,” pesan Bupati Bireuen.

Ia juga mengingatkan agar para jamaah tidak terlalu euforia dan memikirkan oleh-oleh yang akan dibawa pulang untuk sanak saudara.

“Belilah oleh-oleh secukupnya saja. Jangan semua diborong. Nanti repot karena keterbatasan bagasi. Semoga pergi dan kembali dalam keadaan selamat dan sehat,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Sergai, Zulkifli Sitorus dikesempatan serupa mengatakan, para jamaah dijadwalkan memasuki asrama paling lama pukul 01.50 Wib melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh Kemudian akan diberangkatkan menuju Madinah pada kamis, (16/6/2022).

“CJH asal Sergai tergabung dalam bersama dengan Jamaah Calon Haji Kloter 2 Embarkasi Aceh Tahun 1443 H/2022 M Asal Kabupaten Bireuen, Kota Banda Aceh, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Lues, dan Kabupaten Aceh Tenggara Asrama Haji Banda Aceh.

Peusijuk calon jamaah haji bireun oleh bupati bireun
Foto: Zubir

“Selamat menunaikan Ibadah Haji tahun 2022 M/1443 H dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas, semoga menjadi Haji Mabrur,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, Anwar, S.Ag.,MAP. melaporkan, Jamaah
Calon Haji Kabupaten Bireuen tahun 2022 yang diberangkatkan ke tanah suci, berjumlah 117 jamaah.

“Mereka tergabung dalam kloter 2 bersama Kota Banda Aceh, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara dan Gayo Lues,” jelasnya

Jumlah keselurahan JCH dalam kloter 2, berjumlah 393 jamaah, dan diberangkatkan ke Jeddah pada 16/6/2022, pukul 01.50 Wib melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh.

Disebutkan, 117 jamaah calon haji sudah dilakukan pengambilan sampel Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk diperiksa di Banda Aceh

“Alhamdulillah hasilnya semua negatif, Insya Allah keseluruhan jamaah calon haji Kabupaten Bireuen bisa diberangkatkan untuk menunaikan rukun islam yang ke lima,” sebut Anwar

Reporter: Zubier

Editor: Fitria Maisir

Baca : Wabup Abdya Lepas Kontingen Bola Kaki Abdya ke Popda 2022 Meulaboh