Kabar Duka, Ulama Abdya Abu Min Lhok Sukon Wafat di Usia 83 Tahun

oleh -135 Dilihat

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Salah satu ulama, Tgk. Muhammad Amin, yang akrab disapa Abu Min Lhok Sukon, telah berpulang ke rahmatullah. Beliau menghembuskan nafas terakhir di rumahnya sendiri di Gampong Panto Cut Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya.

Abu Min Lhok Sukon lahir pada 01 Juli 1940 di Panto Cut. Beliau meninggal pada pukul 20:00 Wib di Gampong Panto Cut Kuala Batee, Minggu malam (29/10/2023).

Sebelum menghadap Sang Khalik, Abu Min sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Peukan (RSUDTP) selama satu minggu karena menderita hipertensi.

Baca juga

“Ya, Ayah kami telah tiada semalam. Kami telah menguburkan beliau di halaman rumah Ponto Cut,” ujar Zazuli, salah seorang anak Abu Min Lhok Sukon kepada wartawan.

Di masa mudanya, Almarhum Abu Min pernah belajar agama dari Abuya Syeh Mahmud Blangpidie. Beliau juga memiliki hubungan dekat dengan Abu Ibrahim Woyla, ulama terkenal Aceh.

Abu Min tidak hanya dikenal sebagai tokoh agama, tetapi juga sebagai tabib. Banyak masyarakat yang datang ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Tgk. Muhammad Amin yang telah wafat.(*)