Pemkab Abdya Komitmen Cegah dan Berantas Korupsi dengan Sosialisasi APIP dan Zona Integritas

-64 Dilihat
Foto : Fitria Maisir/SIGUPAINEWS.COM

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Untuk mencegah dan memberantas korupsi, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menggelar sosialisasi yang melibatkan APIP dan menetapkan zona integritas di unit instansi pemerintah daerah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas wawasan, menambah pengetahuan, dan memperkuat komitmen dalam menanggulangi korupsi serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bappeda Abdya, Kamis (7/12/2023).

Dikesempatan Penjabat (Pj) Bupati Abdya, H Darmansah, S.Pd, MM., yang diwakili oleh Sekda Salman Alfarisi ST., memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa korupsi adalah ancaman bersama yang harus ditangkal dan dimusnahkan hingga ke akarnya oleh para APIP dengan cara pencegahan yang efektif.

“Ada tiga cara pencegahan korupsi, yaitu preventif, detektif, dan represif. Dengan cara ini, kita dapat mengurangi faktor-faktor yang memicu dan memberi kesempatan seseorang untuk melakukan korupsi,” kata Salman.

Baca juga

Salman juga menyoroti peran penting APIP dalam mengawasi proses pembangunan di Abdya, dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai pertanggungjawaban. Ia mengharapkan APIP untuk meningkatkan kemampuan dan integritas dalam melaksanakan tugasnya.

Selanjutnya, Salman juga menjelaskan bahwa penerapan zona integritas di unit instansi di Abdya adalah salah satu langkah untuk pencegahan korupsi dengan memperbaiki fungsi pelayanan publik sesuai dengan ketentuan dan kaidah yang berlaku.

“Kami mengharapkan, pencanangan zona integritas di dua unit instansi, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dapat diikuti dengan tahapan penetapan, pembangunan, dan penilaian sehingga terciptanya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Abdya,” ucap Salman.

Menurut pantauan SIGUPAINEWS.COM kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekda Abdya Salman Alfarisi ST, Ketua DPRK Nurdianto, Kajari Abdya (diwakili), Kepala Inspektorat Abdya, Amiruddin Adi, Kadis Dukcapil Jamaluddin, Kadis DPMPTSP Nakertrans Rahmad Sumedi, SE, Kadis Distanpan Nasruddin, Kadis Disperindagkop Amri, Ketua PN Blangpidie Munawwar Hamidi S.H, Ketua MS Blangpidie Muhammad Nawawi S.H.I, MH, Ketua MPU Tgk. Muhammad Dahlan, Staf Ahli Bupati dan Asisten, Kepala SKPK, Para Camat,  Para Ketua, Sekretaris dan Bendahara Forum Geuchik se Abdya, dan para tamu undangan lainnya.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?