475 Orang Bacaleg Abdya Siap Bertarung Rebut 25 Kursi DPRK

oleh -296 Dilihat
Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya. [Foto: SIGUPAINEWS.COM/Fitria Maisir]

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Sebanyak 21 Partai politik yang mengajukan berkas pendaftaran Baka Calon Legislatif (Bacaleg) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya.

Hal itu disampaikan setelah batas waktu Pengajuan Bacaleg, Ketua KIP Abdya Yudi Nirmansyah melalui Ketua Divis Teknis Penyelenggara Seliah mengatakan dari ke 21 Partai politik yang mendaftar ke kantor KIP Abdya tersebut berstatus diterima, dengan memenuhi unsur keterwakilan perempuan disetiap daerah pemilihan (Dapil). Senin (15/5/2023).

“Untuk Abdya ada 475 Bacaleg yang didaftarkan oleh masing-masing partainya, dan memenuhi unsur keterwakilan perempuan untuk setiap Daerah Pemilihannya,” ujar Seliah.

Baca juga

Berdasarkan informasi yang diterima oleh media ini, tentang rincian pengajuan data Bacaleg Abdya untuk Pemilu 2024 nanti. Ada 12 Partai Politik Nasional yang mengajukan 25 Bacalegnya secara penuh (100 persen), yaitu diantaranya Partai Hanura, PKS, PAN, Nasdem, PKB, Golkar, Partai Demokrat, begitu juga dengan PPP, Partai Gerindra, PDI-P Partai Ummat, dan Partai Gelora.

Sedangkan 4 Partai Politik Nasional lainnya tidak mencukupi 100 persen Bacalegnya, seperti PBB yang hanya mengajukan 22 orang Bacaleg, PSI hanya mengajukan 15 orang Bacaleg, dan Partai Buruh pun juga mengajukan 14 orang. Begitu juga dengan PKN yang hanya mengajukan 3 orang Bacaleg.

Sementara itu dari 5 Partai politik lokal yang mengajukan Bacalegnya ke KIP Abdya, hanya Partai Aceh (PA) dan Partai Nanggroe Aceh (PNA) yang memanfaatkan kuota caleg 120 persen, dengan jumlah Bacaleg yang diajukan 30 orang.

Sedangkan PAS hanya mengajukan 29 Bacaleg, PDA mengajukan 27 Bacaleg dan Partai Gabthat hanya 5 Bacaleg.(*)

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?