AKN Aceh Barat Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Abdya, Perkenalkan Program Magang Dalam dan Luar Negeri

oleh -91 Dilihat
oleh
Tim Sosialisasi AKN Aceh Barat  yang terdiri dari Ary Firnanda, S.ST., MT, Herdian Saputra, ST., MT, Faisal dan Alvianto, A.Ma berserta para siswa melakukan foto bersama usai melaksanakan sosialisasi pada sekolah di Abdya yang dimulai dari tanggal 27-28 Februari 2024. (Foto untuk SIGUPAINEWS.COM)

SIGUPAINEWS.COM|ABDYA – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat melaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kegiatan ini dimulai dari tanggal 27-28 Februari 2024.

Tim AKN Aceh Barat yang telah dibekali ini mengunjungi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat Daya untuk melaksanakan sosialisasi dan promosi AKN Aceh Barat dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025.

Tim Sosialisasi AKN Aceh Barat  yang terdiri dari Ary Firnanda, S.ST., MT, Herdian Saputra, ST., MT, Faisal dan Alvianto, A.Ma ini melakukan sosialisasi pada sekolah SMAN 4 Abdya, SMAN 7 Abdya, SMAN 10 Abdya, SMKN 1 Abdya, dan SMKN 5 Abdya.

Baca juga

Kunjungan sosialisasi ini juga membuka kesempatan bagi putra putri Abdya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke AKN Aceh Barat yang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Vokasi Negeri yang berada kawasan pantai Barat Selatan Aceh.

Direktur AKN Aceh Barat yang diwakili oleh Wakil Direktur, Haimi Ardiansyah, ST., MIT menyampaikan, bahwa AKN Aceh Barat pada tahun ini akan melakukan penerimaan mahasiswa baru pada program studi D-II Instalasi dan Pemeliharaan Jaringan Listrik (IJL), D-II Teknologi Pengelasan Logam (TPL) dan D-II Konstruksi Pondasi, Beton, dan Pengaspalan Jalan (PBA).

“Insha Allah bila tercapai ada satu program studi lagi yaitu D-II Teknik Pengolahan Kelapa Sawit yang saat masih proses untuk mendapatkan izin,” kata Haimi Ardiansyah, Senin 4 Maret 2024.

Haimi menjelaskan, program unggulan yang ada di AKN Aceh Barat  yaitu melaksanakan perkuliahan dengan  sistem MEES atau Multiple Entry and Exit System, di mana mahasiswa mendapatkan peluang magang di luar dan dalam negeri.

“Mahasiswa akan diberikan kompetensi di semester pertama dan dapat keluar sebagai mahasiswa program magang setelah selesai magang masuk kembali untuk proyek akhir dan menyelesaikan kuliah. Kemudaian ada RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau–red) yaitu mahasiswa dapat bekerja sambil Kuliah, artinya mahasiswa bisa kuliah tanpa perlu keluar dari pekerjaan,” papar Haimi.

Selain itu, kata Haimi,  terdapat juga program PSDKU (Progam Studi Diluar Kampus Utama) yaitu program lanjutan dari Diploma Dua (Ahli Muda) menuju Diploma Empat (Sarjana Terapan). Mahasiswa AKN dapat melanjutkan pendidikan ke Sarjana Terapan (D IV) dengan Program Studi Diluar Kampus Utama seperti di Politeknik Negeri Lhokseumawe yang perkuliahannya di AKN Aceh Barat.

Selain Ijazah, lulusan AKN Aceh Barat juga akan dibekali sertifikat kompetensi secara gratis, seluruh biaya pelaksanaan sepenuhnya ditangung oleh AKN Aceh Barat. Hal yang menarik lain kuliah di AKN Aceh Barat adalah tidak ada batasan usia untuk kuliah di kampus vokasi satu-satunya di Barsela ini.

“Untuk biaya kuliah  di AKN Aceh Barat cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp.500.000,” tambah Haimi.

Dari sisi beasiswa, kampus AKN Aceh Barat memiliki beberapa program beasiswa, diantaranya; beasiswa Bidikmisi/KIP, Pemerintah, beasiswa dari PT. Agro Sinergi Nusantara, dan beasiswa lainnya seperti CSR dari perusahaan.

Adapun Skema Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) AKN Aceh Barat tahun 2024 terdiri dari skema jalur undangan di mana formulir undangan dapat diambil melalui sekolah masing-masing serta jalur umum dapat mendaftar melalui online www.aknacehbarat.ac.id maupun offline langsung ke Kampus AKN Aceh Barat Komplek STTU, Alue Penyareng, Meulaboh.

Untuk informasi syarat pendaftaran, selengkapnya dapat  mengunjungi website resmi www.aknacehbarat.ac.id atau menghubungi narahubung tlp/wa 085277579527 (Ary), 081360594548 (Herdi).

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?