Alasan Pertamina Turunkan Harga BBM

oleh -33 Dilihat
oleh
Foto Ilustrasi Harga BBM Turun. (Foto: Dok Sigupainews.com)

SIGUPAINEWS.COM|JAKARTA – Pertamina melakukan penyesuaian harga jual produk-produk BBM nonsubsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax turun dari Rp13.900 menjadi Rp12.800 mulai Selasa (2/1/2023).

“Salah satu Pertamax nanti ada macam-macam tapi saya ngomong Pertamax yang banyak pakai dulu aja. Itu makanya diputuskan kemarin, harga nanti bu Nicke (Dirut Pertamina) bisa tambahkan, yang hari ini Rp13.900 itu menjadi Rp12.800,” kata Erick saat melakukan peninjauan di SPBU Pertamina di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Baca juga

Erick menjelaskan, harga BBM non subsidi bersifat fluktuatif, sehingga dievaluasi secara berkala mengikuti tren dan mekanisme pasar.

Pertamina melakukan penyesuaian harga mengikuti tren harga minyak dunia dan harga rata-rata publikasi minyak.

Selain harga Pertamax (RON 92) yang turun, Pertamax Turbo (RON 98) juga turun harga dari Rp15.200 per liter menjadi Rp14.180 per liter.

Sementara itu, untuk produk BBM jenis diesel, yakni Dexlite (CN 51), harganya menjadi Rp16.150 per liter atau turun dari sebelumnya 18.300 per liter, sedangkan Pertamina Dex (CN 53) mengalami penyesuaian harga menjadi Rp16.750 per liter dari sebelumnya Rp18.800 per liter.

Harga baru ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, pemerintah tetap memberikan subsidi untuk jenis BBM khusus penugasan (JBKP) Pertalite, dan jenis BBM tertentu (JBT) Solar subsidi. Kata dia, harga Pertalite saat ini masih tetap sebesar Rp10.000 per liter dan Solar subsidi sebesar Rp6.800 per liter.

“Catatan penting juga, BBM yang dibantu pemerintah seperti pertalite itu yang harganya dunia masih tinggi, harga jual kita Rp10.000 itu masih dibantu pemerintah 1100 rupiah. Jadi luar biasa pemerintah ini membantu masyarakat karena pemerintah peduli kondisi daripada ekonomi masyarakat,” imbuhnya.(***)

Sumber: KBR.id

Berita lainnya: Cegah Antrian Panjang di SPBU, Pemerintah Aceh Batasi Pembelian BBM

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Jika Pilkada Aceh Barat Daya (Abdya) dilakukan hari ini siapakah calon Bupati pilihan anda?