Rika Sofiana Resmi Dilantik Sebagai Dewan Pengawas Perumda Tirta Abdya

oleh -404 Dilihat
Pj Bupati Abdya H Darmansah, Resmi Melantik Rika Sofiana Sebagai Dewan Pengawas Perumda Tirta Abdya. (Foto : SIGUPAINEWS.COM/Fitria Maisir)

SIGUPAINEWS.COM | ABDYA –  Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, H Darmansah S. Pd., MM, resmi melantik Rika Sofiana, SH M.Kn sebagai Dewan Pengawas Perusahan Umum Daerah Air Minum Tirta Abdya masa jabatan 2022-2026. Pelantikan itu berdasarkan keputusan Bupati Aceh Barat Daya  Nomor 892 Tahun 2022, yang berlangsung di Lobi Kantor Bupati setempat, Jumat (6/01/2023).

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Abdya H Darmansah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada saudari Rika Sofiana yang telah diambil sumpah dan dilantik sebagai Dewan Pengawas Perumda Tirta Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Semoga momentum ini menjadi spirit bagi saudari untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanan publik dalam hal kebutuhan air bersih. Jabatan yang saudari emban mulai hari ini merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan secara institusional dan konstitusional kepada masyarakat serta pemerintah,” ucap Darmansah

Baca juga

Lanjutnya, sedangkan secara moral kepada Allah SWT, kata Darmansah, sehingga wajib dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan sumpah yang telah saudari ikrarkan sesaat tadi.

Sebagai Perusahaan Umum Daerah, keberadaan Perumda Air Minum Tirta Abdya mempunyai peran ganda, di satu sisi sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk memberikan pelayanan dasar publik.

Namun  di sisi lain juga berorientasi ekonomi korporasi, yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang bisa berkontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami minta kepada saudari, secara internal, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan konsolidasi organisasi Perumda Air Minum Tirta Abdya, bangun dan ciptakan komunikasi dan harmonisasi dengan semua jajaran manajemen yang ada, satukan langkah dan bergerak bersama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” harap Pj Bupati Darmansah

Lebih lanjut, hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Manajemen Direksi dan Dewan Pengawas dalam memadukan dua kultur ini menjadi sebuah kesatuan kultur yang positif untuk mendukung pengelolaan dan keberlanjutan Perumda Tirta Abdya.

“Salah satu peran saudari selaku dewan pengawas adalah memastikan prinsip-prinsip Good Governance untuk mencapai kondisi Perumda Tirta Abdya yang berorientasi korporasi profesional dimana hal tersebut tentu tidak lepas dari peran serta Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai pemilik, direksi dan dewan pengawas, serta segenap jajaran manajemen Perumda Tirta Abdya,” Sebutnya

Namun, dukungan dari berbagai stakeholder tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan perumda tirta Abdya dalam menjalankan fungsinya. Sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka segala aktivitas dan kinerja Perumda Tirta Abdya harus mengacu pada percepatan terwujudnya visi dan misi Kabupaten Aceh Barat Daya terkait dengan pelayanan dasar kebutuhan air bersih.

“Lakukan langkah-langkah seperti yang kami  sebutkan, agar layanan Perumda Tirta Abdya manfaatnya benar-benar dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut tentu saja dibutuhkan komitmen dan kinerja nyata semua pihak, utamanya seluruh sumber daya di lingkungan Perumda Tirta Abdya mulai dari Pimpinan hingga jajaran staf, sehingga layanan publik yang diberikan dapat ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya,” sebutnya

Tentunya semua itu Pj Bupati H Darmansah melanjutkan, harus dilakukan dengan tetap mengedepankan aturan bisnis yang sehat dengan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, bertanggung jawab dan wajar. Pihaknya mengingatkan, bahwa setiap waktu kami akan terus memantau dan mengevaluasi kinerja Perumda Tirta Abdya.

“Berbagai perubahan akan cepat kami lakukan apabila apa yang menjadi keinginan masyarakat tersebut tidak memperlihatkan kemajuan sebagaimana yang diharapkan. Semoga Perumda Tirta Abdya menjadi Perusahaan Umum Daerah yang mampu maksimal dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat Aceh Barat Daya.” ujar Pj Bupati Abdya H Darmansah di Akhir kata Sambutannya. (*)