Mualem Dilantik sebagai Wakil Wali Nanggroe Aceh

oleh -1022 Dilihat
oleh
H Muzakir Manaf dan Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al- Haytar menyalami tamu undangan saat menghadiri acara pelantikan Mualem sebagai Waliyul ‘Ahdi atau Wakil Wali Nanggroe Aceh, di Meuligoe Wali Nanggroe, Selasa (27/12/2022). Foto: Humas Pemerintah Aceh

SIGUPAINEWS.COM | BANDA ACEH – Mantan Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf dilantik sebagai  Waliyul ‘Ahdi atau Wakil Wali Nanggroe Aceh, di Meuligoe Wali Nanggroe, Selasa (27/12/2022).

Mualem (sapaan akrab Muzakir Manaf–red) dilantik langsung oleh Paduka Yang Mulia Malik Mahmud Al-Haytar disaksikan oleh sejumlah pejabat lainnya.

Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al-Haytar, mengatakan dalam Qanun Nomor 10 Tahun 2019 Perubahan Kedua Qanun Nomor 8 Tahun 2012, pada Pasal 73, dijelaskan tentang proses pemilihan, pengusulan, penetapan dan pengukuhan Waliyul ‘Qhdi diatur lebih lanjut dengan Reusam Wali Nanggroe.

Baca juga

Mengenai Waliyul ‘Ahdi, kata Malik Mahmud, telah ditetapkan Resam Wali Nanggroe Nomor 1 Tahun 2020. Dalam reusam tersebut telah dijelaskan secara rinci kedudukan, fungsi, tugas dan wewenang yang diemban oleh Waliyul ‘ahdi.

“Sebagai bagian dari perangkat kerja Wali Nanggroe, Waliyul ‘Ahdi adalah Pemangku Wali Nanggroe, atau orang yang melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan, apabila Wali Nanggroe tidak dapat melaksanakan tugas secara berkelanjutan, atau berhalangan tetap,” kata Malik Mahmud.

Waliyul ‘Ahdi, lanjut Malik Mahmud, juga melaksanakan tugas-tugas yang didelegasikan oleh Wali Nanggroe. “Dilihat dari tugas, fungsi dan kewenangan yang diemban, kedudukan Waliyul ‘Ahdi sangat penting dalam upaya penguatan perangkat kerja Lembaga Wali Nanggroe,” sebut Wali Nanggroe Aceh ini.

Malik Mahmud yakin, dengan telah dilantiknya secara resmi Waliyul ‘Ahdi pada hari, ke depan Wali Nanggroe akan lebih maksimal dalam melaksanakan tugas dan kewenangan, khususnya dalam upaya implementasi MoU Helsinki dan UUPA.

Baca juga: Magister Kimia dan Magister Biologi FMIPA USK Terakreditasi Unggul

“Kepada sosok yang dilantik, yaitu saudara H. Muzakir Manaf atau lebih dikenal dengan sapaan Mualem, tentunya kita amat yakin dan percaya beliau dapat menjalankan tugas sebagai Waliyul ‘Ahdi secara maksimal,” ujar Malik Mahmud.

Malik Mahmud mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencurahkan tenaga serta pikiran untuk membangun Aceh sesuai kehendak perdamaian Aceh.(*)